Sahabatku, Sally

Kupersembahkan untuk sahabatku
Untuk Keluarga Assensix, seluruh sahabat yang kurindukan
Sahabat Canteen, Bikini Bottom Family, dan Trio Bejat-ku
Sahabatku, Fairy
Keluarga Naruto-Indo yang tercinta
Dan yang menyemangati dalam menulis, Zhella Tatipikalawan


---------------------------------



Aku menceritakan sebuah kisah tentang sahabat, sebuah kisah akan berharganya sebuah sahabat yang begitu baik hati. Namanya adalah Sally, sahabat terbaikku. Kami selalu bersama sejak pertemuan kami saat SMP. Anaknya selalu baik, ceria, penuh semangat dan juga ramah. Tidak heran, saat SMA dia memiliki banyak teman. Kalau bersamanya, hidup terasa penuh warna. Dia tempat yang baik jika diajak curhat, jika aku sedang dalam masalah. Dia punya banyak cara yang bisa membuatku kembali semangat dan melupakan kesedihanku. Jika melihatnya, kalian akan menganggapnya malaikat tak bersayap.

Tapi, entah sejak kapan, dia terlihat berbeda saat aku bertemu dengannya di sekolah. Wajahnya terlihat pucat. Aku bertanya padanya, apa dia sakit atau dia sedang punya masalah. Tapi dia hanya menggeleng dan berkata “Tidak apa-apa. Semuanya baik-baik saja.” Senyumnya masih menghiasi wajahnya. Dia masih semangat dan ceria seperti biasanya. Dia seperti menyembunyikan sesuatu dariku. Aku tahu itu, tapi tidak biasanya Sally menyembunyikan masalah dariku. Kami selalu menceritakan masalah yang kami alami, dan saling member semangat. Tapi, melihat keceriaannya, aku menghapus kecurigaanku.

Tapi, hari demi hari wajahnya semakin pucat, dan tidak semangat seperti dulu. Teman-teman yang lain menyadarinya dan bertanya padanya. Tapi lagi-lagi dia hanya membalas dengan menggeleng dan berkata “Aku baik-baik saja”. Mereka beralih bertanya padaku, karena aku selalu bersamanya. Tapi aku hanya bisa menggeleng. Aku bahkan tidak tahu harus menjawab apa, Sally tidak pernah menceritakannya padaku. Aku sendiri merasa aneh. Aku khawatir padanya, tapi dia tidak pernah becerita. Aku bertanya padanya, tapi dia hanya menunduk dan berkata “Maaf”. Aku memutuskan untuk tidak bertanya lagi padanya, dan hanya menunggunya untuk mengatakannya sendiri kepadaku.

Suatu hari pertanyaanku terjawab sudah. Saat pulang sekolah, kami berjalan pulang ke rumah. Kebetulan rumah kami tidak begitu jauh dari sekolah. Aku memperhatikannya, langkahnya sempoyongan. Aku menyuruhnya untuk beristirahat. Rumah kami masih cukup jauh. Saat kami hendak berjalan menghampiri pinggir trotoar, Sally kehilangan kesadarannya. Aku terpekik, dan segera menahan tubuhnya untuk tidak menghantam tanah. Aku begitu panik. Wajahnya semakin pucat. Aku berteriak, meminta tolong. Dan segera saja orang-orang membawanya ke rumah sakit.

Di rumah sakit, aku segera menelepon kedua orang tuanya. Aku terus berjalan mondar-mandir, gelisah memikirkan Sally, sahabatku yang kini sedang terbaring tidak sadarkan diri. Tidak lama kemudian, kedua orang tuanya datang dengan langkah yang terburu-buru. Air mata ibunya mengalir deras, sementara wajah ayah Sally terlihat begitu khawatir.

“Bagaimana dengan Sally, nak.” Tanya ibunya terisak. Air matanya masih terus berjatuh dari matanya yang mulai memerah.

"Dia ada di dalam, tante.” Jawabku.

Keduanya bergegas masuk. Aku menyusulnya. Kulihat Sally sudah sadar dan masih terbaring di tempat tidur berselimut hijau itu. Ibunya terus terisak. Sementara Sally, dia mendudukkan badannya lalu tersenyum, dan berkata “Aku baik-baik saja, bu.” Untuk menenangkan ibunya yang masih terus terisak. Sally sadar aku berada di sana. Dia tersenyum, dan aku balas senyumannya. Dia menggerakkan mulutnya, dan dengan tidak bersuara, berbicara padaku “Terima kasih, aku baik-baik saja.” Saat itu, seorang pria dengan jas dokter masuk ke dalam ruangan.

“Apa anda keluarganya?” tanyanya, dan kedua orang tuanya mengangguk.

“Bisakah kita berbicara di luar sebentar?” Ujarnya lagi, dan segera keluar. Kedua orang tua Sally mengikutnya. Aku yang penasaran segera mendekat ke arah pintu, menguping pembicaraan mereka.

“Bagaimana keaadan anak saya, dok?” Suara ayah Sally terdengar khawatir.

“Maaf, kanker hati yang dideritanya semakin parah.” Ibunya semakin terisak, suara tangisannya terdengar semakin keras. Kanker? Aku begitu terkejut. Sally mengidap penyakit kanker? Kenapa dia tidak pernah cerita kepadaku. “Dan dia tidak akan bisa bertahan lebih lama lagi.” Tangisan ibunya semakin keras. Tangisannya begitu pilu terdengar menggema di koridor rumah sakit. Aku sendiri begitu shock. Aku hanya mematung, berdiri di tempatku, tidak mempercayai apa yang barusan ku dengar.

Aku berbalik, masih dengan wajahku yang masih shock. Aku lihat dia mulai menangis di tempat tidurnya. Kurasa dia tahu apa yang sedang terjadi padanya, dari tangisan ibunya yang terdengar begitu pilu. Aku merasakan kakiku seperti tidak memiliki tulang di dalamnya. Kakiku terasa begitu lemas. Ku hampiri dia perlahan. Aku sudah tidak bisa menahan air mataku, dan saat itu juga aku langsung menangis, menghampirinya. Kami berdua menangis.

“Kenapa? Kenapa… kau tidak pernah menceritakannya?” tanyaku. Suaraku bergetar hebat. Sally masih terisak.

“Aku tidak ingin membuatmu khawatir.” Dia menjawab dengan terisak.

Aku segera memeluknya. Memeluknya dengan erat. Dia membalas pelukanku. Kami terus berpelukan dengan erat, dan menangis bersama-sama.

“Maaf…” Ujarnya dalam pelukan kami. Suaranya bergetar, dan air matanya masih mengalir deras. Aku masih memeluknya, dan terus menangis. Air mataku tidak bisa berhenti keluar. Dia sahabat baikku, orang yang begitu baik, tapi kenapa harus mengalami hal seperti ini? Sally masih terus berkata maaf padaku. Dan kami masih berpelukan. Sekali lagi, dia membuka mulutnya, menggerakkan bibirnya yang masih bergetar karena menangis.

“Maaf”


To Be Continued... ^^


[Lirik Lagu] Avril Lavigne - What The Hell



You say that I'm messing with your head
(yeah, yeah, yeah, yeah)
All 'cause I was making out with your friend
(yeah, yeah, yeah, yeah)
Love hurts, whether it's right or wrong
(yeah, yeah, yeah, yeah)
I can't stop 'cause I'm having too much fun
(yeah, yeah, yeah, yeah)

You're on your knees,
beggin' please
'stay with me'
But honestly,
I just need to be a little crazy

All my life I've been good but now,
I'm thinking 'What the hell'
All I want is to mess around,
and I don't really care about
If you love me, if you hate me,
you can't save me, baby, baby
All my life I've been good but now,
whoa 'What the hell'

What,
What,
What,
What the hell

So what if I go out on a million dates
(yeah, yeah, yeah, yeah)
You never call or listen to me anyway
(yeah, yeah, yeah, yeah)
I'd rather rage than sit around and wait all day
(yeah, yeah, yeah, yeah)
Don't get me wrong,
I just need some time to play (yeah)

You're on your knees,
beggin' please
'stay with me'
But honestly,
[From: http://www.elyrics.net/read/a/avril-lavigne-lyrics/what-the-hell-lyrics.html]
I just need to be a little crazy

All my life I've been good but now,
I'm thinking 'What the hell'
All I want is to mess around,
and I don't really care about
If you love me, if you hate me,
you can't save me, baby, baby
All my life I've been good but now,
whoa 'What the hell'

La la la la la la la la, whoa, whoa
La la la la la la la la, whoa, whoa

You say that I'm messing with your head
Boy, I like messing in your bed
Yeah, I am messing with your head
When I'm messing with you in bed

All my life I've been good but now,
I'm thinking what the hell (what the hell)
All I want is to mess around and I don't really care about (I don't care about)
All my life I've been good but now, I'm thinking what the hell
All I want is to mess around and I don't really care about. (if you love me)
If you love me (no), if you hate me (no)
You can't save me, baby, baby (if you love me)
All my life I've been good but now, whoa, what the hell

La la, La la la la la la, La la, La la la la la la la


[Lirik Lagu] Taylor Swift - Love Story



We were both young when I first saw you
I close my eyes
And the flashback starts
I'm standing there
On a balcony in summer air

See the lights
See the party, the ball gowns
I see you make your way through the crowd
And say hello, little did I know

That you were Romeo, you were throwing pebbles
And my daddy said stay away from Juliet
And I was crying on the staircase
Begging you please don't go, and I said

Romeo take me somewhere we can be alone
I'll be waiting all there's left to do is run
You'll be the prince and I'll be the princess
It's a love story baby just say yes

So I sneak out to the garden to see you
We keep quiet 'cause we're dead if they knew
So close your eyes
Escape this town for a little while

'Cause you were Romeo, I was a scarlet letter
And my daddy said stay away from Juliet
But you were everything to me
I was begging you please don't go and I said

Romeo take me somewhere we can be alone
( From: http://www.elyrics.net/read/t/taylor-swift-lyrics/love-story-lyrics.html )
I'll be waiting all there's left to do is run
You'll be the prince and I'll be the princess
It's a love story baby just say yes

Romeo save me, they try to tell me how to feel
This love is difficult, but it's real
Don't be afraid, we'll make it out of this mess
It's a love story baby just say yes
Oh oh

I got tired of waiting
Wondering if you were ever coming around
My faith in you is fading
When I met you on the outskirts of town, and I said

Romeo save me I've been feeling so alone
I keep waiting for you but you never come
Is this in my head? I don't know what to think
He knelt to the ground and pulled out a ring

And said, marry me Juliet
You'll never have to be alone
I love you and that's all I really know
I talked to your dad, go pick out a white dress
It's a love story baby just say yes

Oh, oh, oh, oh
'Cause we were both young when I first saw you


Apalagi Yang Bisa Dimakan?



Sore tadi, saya menyempatkan menonton berita sore, mumpung sedang ada waktu luang. Ada satu yang menjadi perhatian saya. Makanan berbahaya. Yap, makanan berbahaya. Lagi-lagi topik ini. (Makanan kok berbahaya?) Makanan yang seharusnya aman dikonsumsi, malah menjadi berbahaya untuk dikonsumsi. Ckckck... ada-ada saja. Untuk mendapatkan uang sampai membuat hal seperti ini.

Kalau diselidik, ternyata ada banyak makanan yang berbahaya di negeri kita ini. Misalnya, bakso berformalin yang dulu sempat menggegerkan. Sampai ada tahu berformalin. Ada pula ikan berformalin, ikan asin berformalin, ayam berformalin. Tenar banget nih formalin, padahal digunakan untuk mengawetkan mayat, malah digunakan untuk mengawetkan makanan. Ada juga susu bayi bermelamin (kasihan, masih kecil udah diracunin perlahan-lahan). Biar bisa dibedain mana makanan yang asli, mana yang berformalin, ciri-cirinya dijelaskan di bawah.

Ciri makanan berformalin

- Mi basah berformalin: Tidak lengket, lebih mengilap, tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar, dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (10 derajat celsius).

- Tahu berformalin: Teksturnya terlampau keras, kenyal tetapi tidak padat. Tidak rusak sampai 3 hari dalam suhu kamar dan bisa tahan 15 hari dalam kulkas.

- Ikan berformalin: Warna insang merah tua tidak cemerlang, bukan merah segar, dan warna daging ikan putih bersih. Tidak rusak sampai 3 hari pada suhu kamar.

- Ikan asin berformalin: Bersih cerah dan tidak berbau khas ikan asin. Tidak dihinggapi lalat di area berlalat, tidak rusak sampai lebih dari 1 bulan pada suhu 25 derajat celsius.

- Bakso berformalin: Teksturnya sangat kenyal, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar.

- Ayam berformalin: Teksturnya kencang, tidak disukai lalat, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar.

Ciri makanan mengandung boraks:

- Mi basah: Teksturnya kental, lebih mengilat, tidak lengket, dan tidak cepat putus.

- Bakso: Teksturnya sangat kental, warna tidak kecoklatan seperti penggunaan daging, tetapi lebih cenderung keputihan.

- Snack: Misalnya lontong, teksturnya sangat kenyal, berasa tajam, sangat gurih, dan memberikan rasa getir.

- Kerupuk: Teksturnya renyah dan bisa menimbulkan rasa getir.

Ciri makanan menggunakan pewarna rhodamin B dan methanyl yellow:

- Warnanya mencolok

- Cerah mengilap

- Warnanya tidak homogen (ada yang menggumpal)

- Ada sedikit rasa pahit

- Muncul rasa gatal di tenggorokan setelah mengonsumsinya

Sumber: forum.detik.com


Karena bakso berformalin di atas, saya malah menjauhi bakso, apalagi yang dijuar di pinggir jalan. Belum tentu aman, kan? Saya jadi beralih ke roti (kalau makan siang). Suka banget ama roti isi. Apalagi yang selai. Yummi...

Tapi, ternyata kali ini yang diberitakan sebagai makanan berbahaya adalah roti isi, roti isi selai nanas (Waduh, sampai ke makanan kesukaan saya juga!?). Beritanya kayak gini, roti yang berisi selai ini, selainya dibuat dari nanas setengah busuk (wuek!!!) ditambahin boraks, anti-basi, dan pewarna tekstil (ituloh, yang dipakai buat warnain pakaian). Hii.. Trus, dijualin di warung-warung dan jalan-jalan.

Jadi sekarang, saya harus beralih lagi. Beli roti yang original (dijuanya ditoko-toko)? kagak ada duit (alasan utama: hemat). Biasanya beli roti murahan kayak gitu. Tapi sekarang malah berbahaya. Mau makan apa sekarang kalau semua berbahaya???


[Lirik Lagu] Taylor Swift - Mine


You were in college working part time waiting tables
Left a small town, never looked back
I was a flight risk with a fear of falling
Wondering why we bother with love if it never lasts

I say can you believe it?
As we're lying on the couch
The moment I could see it
Yes, yes, I can see it now

Do you remember we were sitting there by the water?
You put your arm around me for the first time
You made a rebel of a careless man's careful daughter
You are the best thing that's ever been mine

Flash forward and we're taking on the world together
And there's a drawer of my things at your place
You learn my secrets and you figure out why I'm guarded
You say we'll never make my parents' mistakes

But we got bills to pay
We got nothing figured out
When it was hard to take
Yes, yes, this is what I thought about

Do you remember we were sitting there by the water?
You put your arm around me for the first time
You made a rebel of a careless man's careful daughter
You are the best thing that's ever been mine

Do you remember all the city lights on the water?
You saw me start to believe for the first time
You made a rebel of a careless man's careful daughter
You are the best thing that's ever been mine

And I remember that fight, 2:30 a.m.
As everything was slipping right out of our hands
I ran out crying and you followed me out into the street

Braced myself for the goodbye
'Cause that's all I've ever known
Then you took me by surprise
You said I'll never leave you alone

You said I remember how we felt sitting by the water
And every time I look at you, it's like the first time
I fell in love with a careless man's careful daughter
She is the best thing that's ever been mine

Hold on, make it last
Hold on, never turn back
You made a rebel of a careless man's careful daughter
You are the best thing that's ever been mine

Do you believe it?
We're gonna make it now
I can see it
I can see it now


[Lirik Lagu] Taylor Swift - Fearless




There's somethin' 'bout the way
The street looks when it's just rained
There's a glow off the pavement
Walk me to the car
And you know i wanna ask you to dance right there
In the middle of the parking lot
Yeah
Oh yeah

We're drivin' down the road
I wonder if you know
I'm tryin' so hard not to get caught up now
But you're just so cool
Run your hands through your hair
Absent mindedly makin' me want you

And i don't know how it gets better than this
You take my hand and drag me head first
Fearless
And i don't know why but with you i'd dance in a storm in my best dress
Fearless

So baby drive slow
'til we run out of road in this one horse town
I wanna stay right here in this passenger's seat
You put your eyes on me
In this moment now capture it, remember it

Cause i don't know how it gets better than this
You take my hand and drag me head first
Fearless
And i don't know why but with you i'd dance in a storm in my best dress
Fearless

Well you stood there with me in the doorway
My hands shake
I'm not usually this way but
You pull me in and i'm a little more brave
It's the first kiss,
It's flawless,
Really something,
It's fearless.

Oh yeah
And i don't know how it gets better than this
You take my hand and drag me head first
Fearless
And i don't know why but with you i'd dance in a storm in my best dress
Fearless

Yeah
I don't know how
Oh yeah yeah


Tukeran Link


Salam...
Saya nyediain menu baru nih. Namanya Tukeran Link. Bagi yang mau, silahkan memesan segera dengan cara mengirim komentar pada artikel ini. Nah, bagi yang mau, saya bakalan majang link anda dalam artikel ini. Dan jangan lupa untuk memasang link atau banner saya. Kalau bisa sih, sekalian follow Warung saya ini. Hehehe

List Link Pelanggan:

1. http://tulisan-citra.blogspot.com
2. http://tukeranlink.blogspot.com
3. http://rinda-holic.blogspot.com
4. http://sely-biru.blogspot.com
5. http://priagoenks.co.cc
6. http://dunia-klue.blogspot.com
7. http://vickhaputri.blogspot.com
8. http://rid18.blogspot.com
9. http://andijosua.blogspot.com
10. http://ahmadmuyassar.blogspot.com
11. http://whatuget.blogspot.com
12. http://morethangrey.blogspot.com
13. http://k-sem.blogspot.com
14. http://dhytdhyt.blogspot.com
15. http://hira404.blogspot.com
16. http://instant-link.blogspot.com/
17. http://ingpusriani.blogspot.com/
18. http://dieza-eza.blogspot.com
19. http://1yanlight.blogspot.com


Mengetahui Karakteristik Berdasarkan Tulisan Tangan



Manusia memiliki banyak karakteristik. Saat menulis, kita dapat menunjukkan karakteristik diri kita. Ingin tahu seperti apa? Silahkan simak artikel berikut.

Menulis adalah hal yang lumrah. Saat kita menulis sebenarnya tangan kita hanya sebagai alat untuk memegang pena. Gaya tulisan kita itu berasal dari pikiran bawah sadar kita. maka bisa dikatakan bahwa tulisan bisa mengungkapkan berbagai perasaan emosi si penulisnya. Tentu saja untuk mengetahuinya tidak sembarangan ada ilmu membaca rahasia dibalik tulisan tangan atau yang disebut dengan graphology. Ambil pulpenmu dan tuliskan sesuatu yang mana yah kira-kira karaktermu? Berikut penjelasan secara garis besarnya.

Tekanan
Dari kuat atau ringannya tekanan tulisan seseorang kita dapat mengetahui karakter orang tersebut. Bisa kamu perhatikan dengan memperhatikan bekas goresan dibalik kertas.
Tekanan yang kuat:
Orang yang tulisannya tebal hingga menimbulkan bekas coretan dibalik kertas biasanya mereka memiliki emosional yang tinggi. Terlalu mendalami perasaan mereka baik itu bahagia atau sakit hati. Mereka menyerap segala suatu seperti spon. Biasanya mereka juga memiliki selera yang tinggi. Tegas dan memiliki keinginan yang kuat bahkan cenderung memaksakan orang lain untuk menuruti kemauan meraka. Makanya tak jarang orang yang memiliki tekanan tulisan seperti ini biasanya kaku susah menyesuaikan diri dalam pergaulan.
Tekanan yang ringan:
Tulisan yang memiliki tekanan halus mencerminkan kepribadian yang tenang dan santai. Mereka lebih bertoleransi pengertian sulit mengambil keputusan dan biasanya mudah terpengaruh

Ukuran
Tulisan besar:
Orang yang menulis dengan ukuran tulisan yang besar biasanya cenderung suka diperhatikan selalu ingin tampil didepan dan ingin didengarkan.
Tulisan kecil:
Orang yang menulis dengan ukuran kecil biasanya lebih memperhatikan detail introspektif cenderung lebih pendiam dan mandiri

Kemiringan
Miring ke kanan:
Orang dengan tulisan seperti ini biasanya memiliki karakter yang impulsif emosional aktif suka bergaul ramah menyukai tantangan lebih terbuka (ekstrovert) dan ekspresif
Miring ke kiri
Jenis tulisan seperti ini biasanya penulisnya bersikap menutup diri (introvert). Lebih protektif selalu berpikir logis dan mencerminkan sifat seseoarang yang lebih menarik diri.
Tegak lurus
Orang yang memiliki tulisan tegak lurus mencerminkan seseorang yang bisa mengontrol diri dan bisa menahan.

Jadi, bagaimana karakteristik anda?

Sumber: beritaunik.net


Membuat Banner Blog

Warung <br />Rahmat90
Membuat banner (Link Baner) sangat mudah, itu menurut orang2 yang mengerti software desain, tapi sulit menurut kita yang awam terhadap software2 desain tersebut. tapi dunia sudahcanggih sobat, jangan khawatir banyak cara yang memudahkan kita untuk menyelesikan berbagai kesulitan kita. nah berikut cara yang mudah untuk membuat link banner.ikuti petunjuk di bawah ini!

1. Bukalah situs http://cooltext.com
2. Disana nanti akan langsung terpampang macam-macam banner yang disediakan. tinggal pilih sesuai selera.
3. kemudian akan muncul fomr untuk menstting banner yang di pilih tadi. diantaranya settingan warna,ukuran,jenis huruf, dan lain2.
4. Jika sudah sesuai keinginan klik tombol "Rander Logo"
5. Tunggu sebentar sampai proses rendering selesai.
6. Jadi deh banner blog sobat, tapi jika belum cocok coba lagi aja sampai mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.
7. Download Image, lalu simpan banner sobat itu

Langkah selanjutnya supaya bannernya bisa sobat pasang di blogger yaitu dengan menguplaod file tadi ke webhosting. bisa menguplaodnya di

http://www.photobucket.com
http://www.ripway.com
http://tinypic.com

Sumber: Tipskom.co.cc


Cara menangkal Batuk dan Pilek


Batuk dan pilek merupakan penyakit
yang paling sering dialami oleh masyarakat dan sangat mudah menyebar. Tapi ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan untuk menangkal batuk pilek.

Umumnya batuk dan pilek menyebar melalui tetesan bakteri atau virus yang terbang di udara. Diperkirakan ada sekitar 200 jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini. Orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak bisa 5-10 kali dalam setahun.

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah batuk dan pilek, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (15/4/2011) yaitu:

1. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan
Virus flu kebanyakan disebarkan melalui kontak langsung, karenanya menjadi hal yang paling penting untuk rajin mencuci tangan dengan sabun atau larutan anti bakteri dan air mengalir. Serta hindari pula menggosok mata atau hidung jika belum mencuci tangan.

2. Minum banyak cairan
Tubuh manusia menggunakan cairan untuk menyaring limbah yang terakumulasi sehingga menghasilkan sistem yang sehat secara keseluruhan. Jika mengalami pilek atau batuk cobalah mengonsumsi jus jeruk. Selain menambah cairan tubuh, jeruk juga kaya vitamin C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Berhenti merokok dan hindari asap rokok
Asap rokok yang terhirup bisa mengiritasi tenggorokan sehingga akan memperparah gejala yang muncul. Statistik juga menunjukkan bahwa perokok berat akan mengalami sakit flu yang lebih parah.

4. Bawalah tisu saat bepergian
Simpanlah tisu yang bisa digunakan saat berada di tempat umum atau disekitar orang lain, serta menjaga jarak dengan orang yang memiliki gejala-gejala batuk pilek. Tiga hari pertama merupakan waktu yang paling menular.

5. Melakukan sauna
Ketika sauna maka seseorang akan menghirup udara panas lebih dari 80 derajat celsius. Suhu ini akan terlalu panas bagi virus untuk bertahan hidup. Tapi jangan terlalu lama melakukan sauna untuk menghindari efek sampingnya.

6. Melakukan istirahat yang cukup
Stres dan kurang istirahat bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah tertular penyakit. Istirahatlah yang cukup dan usahakan agar tidak kurang tidur. Karena ketika tidur, otak akan beristirahat dan tubuh mengisi ulang energi serta melawan setiap infeksi.

7. Mengonsumsi makanan tertentu
Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan buah-buahan yang kaya vitamin seperti jeruk bisa memberikan nutrisi dan vitamin yang membantu tubuh melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa makanan diketahui bermanfaat untuk mengatasi batuk seperti bawang mentah berguna menghilangkan dahak, akar kunyit untuk batuk kering dan secangkir jus anggur yang dicampur 1 sendok teh madu disarankan untuk mengatasi batuk.

8. Menghindari makanan junk food
Mengonsumsi makanan junk food bisa membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit. Karena itu hindari makanan ini tapi gantilah dengan sayuran dan buah-buahan untuk kekebalan tubuh yang lebih baik.

9. Melakukan aromaterapi
Prinsip dari aromaterapi adalah menghirup aroma yang berbeda-beda. Dengan menghirup suatu uap bisa efektif mencairkan lendir dan mengurangi iritasi, serta menghirup minyak esensial dapat menstimulasi paru-paru untuk mengusir dahak.

10. Melakukan olahraga
Olahraga secara teratur bisa membuat tubuh mendapatkan udara segar dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Benarkah Permen dan Coklat Bikin Gemuk?


Permen dan cokelat bikin gemuk? Belum tentu. Malah mereka yang hobi mengasup si manis itu punya lingkar pinggang lebih kecil. Tapi dengan catatan jumlah makanan manis yang diasup dalam porsi kecil.

Berdasarkan hasil studi baru-baru ini, diketahui seseorang yang mengkonsumsi coklat dan permen cenderung memiliki pinggang yang lebih kecil dan indeks masa tubuh (BMI) yang rendah. Bukan hanya itu, mereka yang sering mengasup "si manis" itu juga risikonya terkena hipertensi 14 persen lebih rendah dan bisa mengurangi 15 persen resiko sindrom metabolik.

Carol O’Neil, peneliti dari Lousiana State University Agricultural Center mengungkapkan konsumsi permen dan coklat tidak ada pengaruhnya terhadap berat badan atau penyakit bila dikonsumsi dengan wajar. Dari penelitian yang dilakukannya rata-rata para partisipan studi hanya makan 1,3 ons permen per harinya.

Dalam penelitiannya ia menganalisa data pola makan lebih dari 15.000 orang dewasa di Amerika yang mengikuti survei mengenai pola makan di tahun 1999-2004. Para responden itu ditanya makanan apa yang mereka asup dalam 24 jam terakhir.

Sekitar 20 persen responden menjawab mereka tidak mengonsumsi makanan manis seperti permen atau cokelat sama sekali.

Kemudian para peneliti mengukur berat badan dan lingkar pinggang seluruh responden. Yang menari, mereka yang mengasup makanan manis rata-rata memiliki BMI lebih rendah dibanding yang tidak makan permen.

"Hal yang perlu diingat adalah, permen sendiri tidak menambah berat badan. Yang membuat badan bertambah gemuk adalah asupan kalori yang berlebihan," kata Heather Mangieri, juru bicara untuk American Dietetic Association.

Kendati demikian, para ahli menilai metode penelitian ini dianggap kurang tepat karena bisa saja para responden lupa mengingat apa saja yang mereka makan dalam 24 jam terahir.

"Para penggemar makanan manis dalam penelitian ini mungkin juga rutin berolahraga sehingga berat badannya lebih rendah," kata Katherine Tallmadge, ahli gizi dari American Dietetic Association.

Akan tetapi untuk mereka yang tak ingin gemuk, ia menyarankan agar kita menjaga pola makan. Kelebihan kalori lebih dari 10 persen setiap hari bisa menyebabkan penumpukan lemak. Kelebihan kalori ini bisa didapat dari junk food, camilan tinggi kalori atau makanan manis.

Sumber: Kompas.com